kram kakiKram dan kesemutan pada kaki tentu sering kamu rasakan. Hal yang terjadi karena aktivitas yang ‘mengejutkan’ otot pada kaki. Kamu dapat mengonsumsi vitamin untuk kram kesemutan sebagai upaya pencegahan.

Sering kali kram atau kesemutan terjadi pada kaki saat duduk terlalu lama, melipat kaki, atau bahkan melakukan aktivitas olahraga seperti berjinjit dan lari yang menyebabkan kejutan pada otot. Ada baiknya bila kamu sering mendapatkan masalah kram dan kesemutan pada kaki, lakukan beberapa hal dibawah ini. Kamu dapat mengatasi kram dan kesemutan pada kaki secara alami tanpa harus minum obat.  Bagaimana saja cara mengatasinya? Berikut ini tipsnya!

  • Gunakan sepatu dengan standar keamanan saat berolahraga

Saat kamu berolahraga, gunakan sepatu yang sesuai. Sepatu olahraga umumnya diciptakan dengan pertimbangan keamanan selama penggunaan. Hal ini merupakan bentuk proteksi agar gerakan yang kamu lakukan tidak memberikan beban besar terhadap tubuh kamu dan tidak membuat kejutan terhadap otot kaki.

  • Banyak konsumsi air putih

Kamu harus sering mengonsumsi air. Hal ini supaya tubuh terhidrasi dengan baik. Hal tersebut merupakan kunci menjaga jalan kerjanya otot agar optimal.

  • Rileks dan jagan panik

Saat terjadi kram dan kesemutan pada kaki, kamu harus dapat menenangkan diri. Buat kaki rileks dan renggangkan otot dengan menarik ujung jari kaki ke arah kamu. hal tersebut memaksa kaki kita untuk merenggang. Setelah rasa sakit tidak terasa, pijat bagian kaki yang terkena kram dan kesemutan tersebut. kompres kaki dengan menggunakan air hangat juga.

  • Latih tubuh agar sehat dan bugar

Latihan pertama akan membuat tubuh kamu terasa sakit. Terus lakukan latihan secara rutin tiap hari. Efek kejut yang dirasakan otot terjadi karena tubuh tidak terlatih untuk ‘stedy’ dengan keadaan. Dengan melatih secara rutin, tentu tubuh akan dapat merenggangkan otot secara mandiri.

Semua hal tersebut kembali lagi kepada kita. Bagaimana pola hidup sehat yang kita jalankan. Hal tersebut memiliki dampak yang cukup berpengaruh terhadap kondisi tubuh yang tidak mudah sakit dan terkena kram. Selamat mencoba, yah! (VIKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: