hamil
image source: Fox News

Mual atau morning sickness adalah hal yang umum dirasakan oleh ibu hamil. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang harus berada dalam perawatan intensif akibat mual dan muntah yang dialami berlebihan, hingga membahayakan kesehatannya. Morning sickness ini disebabkan adanya perubahan hormon akibat kehamilan, dan kondisinya bisa berbeda pada setiap ibu. Untuk mengatasinya, beberapa susu untuk ibu hamil melengkapi nutrisi ibu hamil yang terkandung di dalamnya dengan formula khusus untuk mengurangi rasa mual.

Namun, kondisi ini agak berbeda dengan rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil saat perjalanan. Bisa saja ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness ini merasakan mual ketika berada dalam kendaraan, baik itu darat, laut ataupun udara. Hal ini disebabkan adanya gangguan pada sistem vestibular (pusat keseimbangan pada telingan bagian dalam). Pada saat gangguan ini muncul, akan memicu produksi zat histamin yang kemudian merangsang otak untuk menimbulkan rasa mual hingga muntah.

Lalu, bagaimana agar ibu hamil tetap bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Pilih lokasi paling nyaman saat berada di perjalanan. Misalnya, saat Anda melakukan perjalanan dengan mobil, maka duduklah di depat. Bangku paling depan adalah tempat paling aman dari guncangan. Jika Anda melakukan perjalanan dengan kapal, hindari duduk di dek paling atas. Sebab, di sana guncangan akan sangat terasa. Jika Anda melakukan perjalanan dengan pesawat, pilihlah lokasi yang membuat Anda merasa paling nyaman. Namun, sebaiknya hindari duduk di paling dalam atau dekat jendela, karena kemungkinan Anda akan sering ke toilet dan duduk di bagian dalam akan membuat Anda kesulitan.
  • Cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih hangat. Hal ini sangat penting untuk membantu menjaga stamina Anda selama perjalanan.
  • Bawa camilan dalam jumlah yang cukup, dan jangan lupa untuk membawa buah. Buah-buahan yang segar seperti jeruk, anggur dan apel dapat membantu Anda merasa lebih segar dan mengurangi rasa mual.
  • Rilekskan kaki dan tangan dan selalu cari posisi nyaman saat berada dalam perjalanan. Anda isa merilekskan tangan dengan mengepalkannya dan kemudian melemaskannya. Lakukan secara beruang, begitu pula dengan kaki Anda.
  • Hindari berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan rasa mual, seperti membaca atau bermain gadget.

Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, maka ada baiknya Anda mengatur waktu beristirahat. Sebab, meskipun Anda duduk dalam posisi nyaman, namun jika perjalanan cukup panjang tetap saja akan terasa melelahkan. Saat beristirahat, cobalah untuk melakukan senam kecil untuk merileksasi tubuh. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: