4 Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor

motorKeselamatan berkendara memang menjadi tujuan utama bagi setiap pengendara, khususnya pengendara sepeda motor. Sebab, salah sedikit ketika berkendara, dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga merugikan pengendara tersebut. Namun, untuk mengantisipasi kondisi seperti ini, maka ada baiknya Anda selalu memerhatikan keselamatan berkendara, salah satunya adalah dengan rutin mengganti oli mesin dan oli samping terbaik (khusus motor 2tak) untuk motor sebagai cara merawat motor agar tidak cepat rusak.

Selain itu, supaya semakin aman, Anda wajib melakukan beberapa hal penting berikut;

  • Periksa kondisi sepeda motor. Sebelum berkendara, alangkah baiknya periksa terlebih dahulu kondisi sepeda motor Anda. Wajib, kah? Yap, karena dengan rajin memeriksa setiap komponen mesin sepeda motor ini, maka dapat menghindari Anda dari kecelakaan yang mungkin bisa terjadi selama Anda berkendara. Nah, bagian komponen yang bisa Anda cek seperti ban, rem, lampu sein, lampu rem, lampu utama, kaca, spion, knalpot, dan sebagainya.
  • Isi ulang bahan bakar. Sebagian dari Anda mungkin ada yang malas mengisi ulang bahan bakar, mengingat jarak tempuh perjalanan Anda bisa dibilang sangat dekat. Padahal, terlalu sering melakukan ini tidak baik loh untuk sepeda motor Anda. Lantaran, bahan bakar yang selalu kosong di tangki dapat memicu kerusakan pada bagian komponen mesin. Di samping itu, mengisi ulang bahan bakar ini dapat menghindari agar motor tidak mati di tengah jalan. Oleh sebab itu, rajinlah mengisi ulang bahan bakar motor Anda, agar tidak mengalami kondisi tersebut.
  • Gunakan helm sesuai standar. Saat berkendara jangan sampai lupa menggunakan helm sesuai dengan standar Internasional (SNI). Tujuannya, tentu untuk melindungi kepala dari benturan yang bisa saja terjadi pada saat Anda terjatuh atau mengalami kecelakaan ketika berkendara. Tidak hanya itu saja, memakai helm ini juga dapat menghindari supaya kepala tidak kepanasan karena terkena paparan terik sinar matahari. Untuk itulah, pakailah helm selalu saat Anda berkendara, ya!
  • Kendarai sepeda motor dengan kecepatan yang sesuai dengan aturan. Agar mengantisipasi kecelakaaan, maka kendarai motor dengan kecepatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Selain aman, dengan mengikuti aturan ini maka Anda pun bisa selamat sampai tujuan. So, jangan ngebut-ngebut ketika berkendara.

Itu beberapa tips aman berkendara sepeda motor, terutama untuk para pemula. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *