3 Perawatan Komponen Mobil yang Sering Terlupakan

perawatan mobil
image source: Bankrate

Perawatan apa yang paling rutin atau sering kamu lakukan pada mobil kesayangan? Pasti banyak yang menjawab dengan mencucinya secara rutin, melakukan ganti oli mesin secara berkala tepat pada waktunya, atau menggunakan bensin yang sesuai dengan kebutuhan mobilmu. Memang sih, semua perawatan tersebut sangat penting untuk kenyamanan berkendara. Namun, tahukah kamu ada 3 komponen lain juga yang sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan tetapi justru sering terabaikan. Padahal, beberapa komponen tersebut berkaitan langsung dengan keselamatan saat berkendara. Apa sajakah itu?

  • Wiper

Pasti tahu dong apa itu fungsi wiper? Yap, ini adalah alat yang berfungsi untuk menyapu air dari kaca pada saat musim hujan. Wiper berada pada kaca bagian depan, dan pada beberapa mobil, wiper ini juga diletakkan pada kaca belakang. Dengan adanya wiper ini, maka air hujan yang turun dan membasahi kaca akan tersapu sehingga tidak menghalangi pandangan sang pengendara. Alat ini sangat penting, tetapi justru sering terlupakan dan terabaikan perawatannya oleh sang pemilik mobil, khususnya ketika sedang musim kemarau. Sebab, pada musim tersebut wiper tidak aktif digunakan. Akibatnya, sang pengendara tidak terlalu memperhatikan apakah kualitas karet wiper dan juga kerja poros wiper. Mereka umumnya baru menyadari adanya masalah saat musim hujan, ketika wiper tidak mampu bekerja maksimal menyapu air dari kaca.

  • Air semprotan wiper

Selain wiper, pada bagian kap mobil juga terdapat celah kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan air ke arah kaca. Air ini berfungsi untuk membersihkan kaca dari debu atau kotoran yang menempel pada kaca dan menghalangi pandangan sang pengendara. Ketika alat ini berfungsi, maka secara otomatis wiper akan menyala untuk menyapu air yang disemprotkan tadi. Namun, banyak pengendara mobil yang jarang memanfaatkan air ini. Akibatnya, mereka tidak menyadari apakah air dalam tabung penyimpanan sudah habis, air tidak dapat mengalir dengan lancar, atau setting arah air yang salah.

  • Ban cadangan

Setiap mobil wajib untuk memiliki ban cadangan, bahkan hal ini sudah tercantum dalam undang undang lalu lintas. Memang, hampir semua mobil selalu membawa ban cadangannya kemanapun. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata banyak pengendara mobil yang tidak mengetahui secara pasti, apakah ban mobilnya tersebut masih layak pakai atau tidak. Sebab, posisi ban cadangan ini umumnya sangat tersembunyi sehingga seringkali luput dari pengecekan. Apalagi, banyak orang yang saat ini lebih memilih menggunakan jasa derek atau sejenisnya untuk membawa mobilnya ke tambal ban terdekat, dibandingkan dengan mengganti ban mobilnya dengan ban cadangan ketika ban yang digunakan bocor. Padahal, perawatan ban cadangan tidak boleh diabaikan karena suatu saat Anda mungkin akan membutuhkannya.

Semua komponen yang ada dalam mobil memiliki peran yang sama pentingnya, sehingga sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan perawatannya. Meskipun mungkin tidak terlalu sering, tapi ada baiknya jika sesekali kamu meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *